Luncurkan Ekosistem Direct Trading, Pos Indonesia Group dan Lion Air Group Permudah Para Pelaku UMKM
Sinarkepri.co.id.Jakarta, 28 Desember 2022 – Pos Indonesia Group terus berperan untuk mengakselerasi pertumbuhan industri logistik nasional. Kali ini, Pos Indonesia Group melalui anak perusahaannya Pos Logistik Indonesia bekerja sama dengan Lion Air Group dalam sebuah kolaborasi yang dinamakan Ekosistem Direct Trading. Program ini akan berfokus pada pengiriman serta pendistribusian produk dari petani, peternak, nelayan,
serta para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kepada para
konsumen secara langsung. Komitmen dari ketiga perusahaan tersebut
diwujudkan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pos Indonesia Group, Pos Logistik Indonesia, dan Lion Air Group di Jakarta pada Rabu (28/12).
Direktur Utama Pos Indonesia Group, Faizal Rochmad Djoemadi,
mengatakan kerja sama ini dilakukan dalam rangka mempercepat proses
pendistribusian logistik para pelaku usaha di Indonesia dan merupakan
salah satu upaya dalam mendukung stabilitas ekonomi nasional.
“Konsep Ekosistem Direct Trading ini merupakan penggabungan sistem pengiriman yang dimiliki oleh Pos Logistik Indonesia yang andal dalam jalur darat serta Lion Air Group yang memiliki spesialisasi dalam jalur udara, sehingga pendistribusian produk kepada para konsumen akan lebih efektif dan efisien. Hal ini dapat membantu menciptakan stabilitas ekonomi nasional,” ujar Faizal.
Ekosistem Direct Trading merupakan kerja sama yang menggabungkan beberapa hal dari sistem pengiriman Pos Indonesia Group dengan Lion Air Group, antara lain rute penerbangan (port to port), operasional bandar udara, dan jaringan pos darat (post to post).
Sementara itu, hal senada juga diungkapkan Lion Air Group yang antusias dengan kolaborasi yang memudahkan para pelaku bisnis Indonesia ini.
“Kolaborasi
bersama Pos Indonesia Group dan Pos Logistik Indonesia ini memanfaatkan
kapabilitas masing-masing perusahaan dalam memperlancar arus barang
dari hasil sektor pertanian, kelautan, peternakan, UMKM sehingga
diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus daya
saing produk di pasar regional dan global,” ujar Presiden Direktur Lion Air Group, Capt Daniel Putut Kuncoro Adi.
Direktur Utama Pos Logistik Indonesia, Ardian Cholid menyatakan, besarnya
pasar domestik akan sangat menguntungkan bagi konsumen dan produsen
Petani, Peternak, Nelayan dan UMKM jika dihubungkan melalui “Ekosistem Penjualan Langsung (Direct Trading)” dalam pengiriman hasil produknya sampai kedepan pintu rumah konsumen secara mudah dan murah.
Pos Logistik Indonesia mempunyai komitmen bersama Lion Air Group dan Pos Indonesia Group dengan mengutamakan manfaat bagi masyarakat. Melalui perencanaan, pengaturan penyimpanan, dan pengiriman barang sebagai upaya mempertahankan kualitas produk atau barang hasil pertanian, kelautan, peternakan dan UMKM sampai ditangan konsumen.
“Kami akan terus melakukan terobosan dan perbaikan melalui model bisnis yang unggul dalam upaya pencapaian tingkat kinerja yang tinggi di bidang logistik agar tercapainya pemenuhan kebutuhan pasar, nilai ekonomis, dan menjadi bagian sistem logistik nasional dan internasional,” jelas Ardian.
Program yang terintegrasi dengan layanan kurir digital milik Pos Indonesia Group,
Pos Aja! tak hanya sekadar mengirimkan produk tak bernyawa saja,
melainkan dapat membantu para pelaku bisnis memasarkan ikan hidup yang
dapat dikirimkan antar-pulau.
“Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki ragam ikan hias yang jumlahnya tak terhingga. Dengan adanya Hotel Ikan pada program ini, masyarakat tak perlu khawatir untuk mengirimkan produk (ikan) mereka ke konsumen secara hidup-hidup, karena terdapat re-oksigenisasi selama transit. Jadi, kami pastikan aman dan tentunya memudahkan para pelaku ekonomi memasarkan produknya,” pungkas Direktur Bisnis Kurir dan Logistik, Siti Choiriana.
Tentang PT Pos Indonesia (Persero)
PT
Pos Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
Indonesia yang bergerak di bidang jasa kurir dan logistik, jasa
keuangan, serta properti. Didirikan pada tanggal 26 Agustus 1746, PT Pos
Indonesia (Persero) menjadi salah satu BUMN tertua di Indonesia.
Dalam
melaksanakan pelayanan pos di Indonesia, perusahaan ini membaginya ke
dalam enam daerah atau regional. Pembagian regional tersebut mencakup
seluruh provinsi yang ada di Indonesia, yakni 42 Kantor Cabang Utama,
168 Kantor Cabang, dan 3.663 Kantor Cabang Pembantu.
Seiring
zaman yang makin modern, transformasi digital pun diterapkan oleh PT
Pos Indonesia pada layanannya. Adapun layanan digital yang ditawarkan
oleh perusahaan yang berlogo burung merpati ini, yaitu Pos Aja! yang
merupakan aplikasi jasa pengiriman yang berbasis digital courier dan Pospay, aplikasi layanan keuangan gabungan dari transformasi digital produk kantor pos dan giro.
Saat
ini, PT Pos Indonesia memiliki tiga anak perusahaan, yaitu Pos
Logistics yang bergerak pada bidang bisnis logistik, Pos Properti yang
mengurus sektor perhotelan dan bisnis konstruksi properti, dan Pos Fin,
layanan yang bergerak di bidang jasa keuangan berbasis teknologi.
Tentang PT Pos Logistik Indonesia
Keberadaan
PT Pos Logistik Indonesia sebagai 3th Party Logistics Solutions yang
menyediakan solusi logistik bagi segmen B2B dan menyediakan layanan
kargo logistik ritel untuk segmen B2C. Adapun target pasar perusahaan
yakni otomotif, barang konsumsi, kimia, farmasi, fashion, pos & kurir, pemerintahan, telekomunikasi, pertambangan, minyak & gas, agribisnis, serta alat berat.
Sebagai
anak usaha PT Pos Indonesia (Persero), perusahaan ini diharapkan dapat
beroperasi secara independen untuk memaksimalkan peluang bisnis logistik
di Indonesia. Tak hanya itu, kehadiran Pos Logistik sekaligus menjadi
ajang untuk memanfaatkan jaringan Pos Indonesia yang memiliki 33.000
titik penjualan dan 4.367 jaringan.
Tentang Lion Air Group
PT
Lion Group merupakan induk perusahaan maskapai penerbangan swasta yang
berbasis di Indonesia. Beberapa maskapai yang dimiliki grup ini
diantaranya yaitu, Lion Air, Batik Air, Wings Air, Super Air Jet, Batik
Air Malaysia, serta Thai Lion Air.
Didirkan
pada 1999, PT Lion Group melakukan penerbangan perdananya pada 30 Juni
2000 yang membuka rute Jakarta-Pontianak. Adapun jumlah armada pada saat
itu hanya dua pesawat jenis Boeing 737-200. Melihat pangsa pasar yang
luas, saat ini, PT Lion Group memiliki lebih dari 300 armada dengan rute
tujuan penerbangan domestik dan internasional.
Hingga kini, perusahaan telah berhasil memperluas layanan penerbangan di ranah internasional, khususnya pasar Singapura, Malaysia, Arab Saudi, Jepang, Australia, India, Thailand, Taiwan, Bangladesh, Nepal, Tiongkok dan kota-kota lainnya. Tak hanya fokus di sektor penerbangan, Lion Group turut mengepakkan bisnisnya di berbagai bidang, misalnya Lion Parcel, Lion Hotel & Plaza, Lion Bizjet, dan Batam Aero Technic. (red)
Sumber : Lion Air Group Editor : Arifin