BP Batam Pastikan Pelabuhan Internasional Batam Tetap Beroperasi
Batam-BP Batam memastikan bahwa layanan bagi para pengguna jasa Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre akan tetap berjalan normal seperti biasanya, Jumat (2/8/2024).
Melalui Direktur Badan
Usaha Pelabuhan (BUP), Dendi Gustinandar, BP Batam menjamin jika transisi
pengelolaan pelabuhan dari PT Synergy Tharada ke PT Metro Nusantara Bahari
tidak akan mengganggu aktivitas calon penumpang.
“BP Batam berkomitmen untuk
menjaga kelancaran operasional pelabuhan. Kami juga telah berkoordinasi dengan
pihak-pihak terkait guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar
Dendi saat meninjau kesiapan pelabuhan dini hari tadi.
Salah seorang calon penumpang ke Singapura yang dimintai media ini keterangan
Dendi mengimbau masyarakat
Batam untuk tidak khawatir dengan isu yang berkembang terkait peralihan
operator Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre. Bukan tanpa
alasan, lanjut Dendi, fokus utama BP Batam dalam masa transisi ini adalah menjaga
kualitas pelayanan agar tetap maksimal.
Sehingga, situasi dan
kondisi pelabuhan tetap kondusif di tengah masa peralihan operator
pelabuhan. “Kami telah melakukan pengecekan terhadap seluruh sarana dan
prasarana pelabuhan yang menjadi aset negara. Ini bisa langsung dimanfaatkan
dan dioptimalkan oleh pengelola baru agar pelayanan tetap optimal,” tambah
Dendi.
Pihaknya juga akan terus
berkomunikasi dengan operator baru, PT Metro Nusantara Bahari, guna memantau
kondisi pelabuhan pasca peralihan. “Mohon dukungan semua pihak agar
proses ini tetap berjalan maksimal. Tujuannya tidak lain untuk kemajuan Pelabuhan
Ferry Batam Centre yang menjadi salah satu pintu masuk wisatawan
internasional,” pungkasnya.
penumpang ke Johor Bahru
dari Pelabuhan Batam Center Jumat (2/8) sore
Senada, Kapolresta
Barelang, Kombes Pol Heribertus Ompusunggu juga meminta seluruh pihak untuk
bersama-sama menjaga situasi kondusif pasca peralihan operator pengelola
Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre. “Peralihan ini tidak boleh
mengganggu aktivitas calon penumpang. Semua pihak harus berupaya agar situasi
tetap kondusif agar kualitas pelayanan tidak terganggu,” ujarnya saat mengecek
sarana dan prasarana Pelabuhan.
Pada kesempatan ini, turut
hadir Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait; Kepala
Biro hukum dan Organisasi BP Batam, Alex Sumarna; Kepala Satuan Pemeriksa
Intern BP Batam, Imbuh Agustanto; Kepala Biro Umum BP Batam, Budi Susilo;
Direktur Evaluasi dan Pengendalian BP Batam, Asep Lili Holilulloh; dan Kepala
Pusat Perencanaan Program Strategis BP Batam, Fesly Abadi Paranoan.
Pantauan media ini Jumat
(2/8/2024) sore di Palabuhan Internasional Batam Centre, kondisinya sangat
kondusif. Para penumpang yang baru sampai dari Singapura maupun dari Johor
Bahru tetap terlihat ceria ketika hendak akan mencari taksi ke tempat yang akan
dituju, baik ke rumah kediaman maupun warga negara asing yang akan menuju
penginapan ke hotel.
Demikian juga calon penompang yang akan berangkat ke Singapura maupun ke Stulang Laut Johor Bahru, terlihat normal-normal saja, berlangsung seperti biasa. Salah satu calon penumpang kapal Batam Fast yang akan menuju Singapura mengaku, suasana pelabuhan Batam Centre kondusif seperti biasanya dan berjalan lancar kendati diketahui pengelola pelabuhan sudah berganti . (hms bp batam/DN/TB/arf)