Bank BRI Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Lion Air Group
Dirut Bank BRI Suprajarto, Direktur Hubungan Kelembagaan BRI Sis Apik Wijayanto, Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait dan Founder Lion Air Group Rusdi Kirana |
Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero),Tbk kembali menjalin kerja sama dengan
Lion Air Group. Kali ini, Bank BRI resmi mengelola keuangan Lion Air Group
melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang
dilakukan antara Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto denganPresiden Direktur Lion Air
Group Edward Sirait disaksikan Direktur Utama Bank BRI Suprajarto dan Founder Lion Air
Group Rusdi Kirana, tentang layanan Cash
Management System (CMS BRI), di Kantor Pusat BRI,
Jakarta, Jumat (21/9).
Melalui kerja sama tersebut,
Bank BRI ditunjuk oleh Lion Air Group untuk melakukan pengelolaan kas perseroan
secara real time online dan terintegrasi yakni penyediaan CMS
BRI yang meliputi Automatic Payment & Automatic Posting (host to
host system). Cash Management System yang disediakan BRI
kepada Lion Air Group terdiri atas fasilitas pembayaran (payments), fitur account
management (balance reporting), fitur liquidity management systems (LMS),
manajemen rekening (account management), manajemen pembayaran (payables
management), manajemen penerimaan (receivables management).
“Kerja sama berkelanjutan
antara Bank BRI dengan Lion Air Group ini merupakan salah satu upaya perseroan
dalam memberikan layanan yang optimal bagi korporasi. Selain itu dengan pemanfaatan
CMS BRI juga bentuk upaya yang diberikan perseroan dalam memberikan pengelolaan
keuangan perusahaan secara efisien dan cashless atau non-tunai
dengan mengedepankan prinsip good corporate governance,” ungkap
Suprajarto.
Adapun manajemen Lion Air
Group menyambut baik kerja sama tersebut. “Kami atas nama Lion Air Group
berkomitmen dalam meningkatkan kualitas dan performa kerja perusahaan salah
satunya dengan memperkuat kerjasama meliputi pengelolaan cash
management Lion Air Group di seluruh jaringan domestik dan
internasional. Dengan memanfaatkan dari keunggulan platform dan
sistem pengelolaan kas yang dimiliki Bank BRI, kami dapat memproyeksikan proses
transaksi bisnis semakin mudah. Dengan demikian, layanan sistem cash
management yang komprehensif dapat memperkuat transparansi, efisiensi
dan efektivitas dalam setiap proses transaksi,” jelas Edward.
Penyerahan Cendramata usai penandatanganan |
“Penunjukan Bank BRI sebagai
mitra perbankan kami didasarkan pada kesungguhan serta dukungan yang telah
terjalin dengan baik selama ini, untuk mengakses dan memonitor transaksi Lion
Air Group dalam satu wadah (platform). Penandatanganan
kerjasama pengelolaan kas dengan Bank BRI merupakan bagian dari program Lion
Air Group untuk terus menjalankan operasional terutama pengelolaan kas
manajemen berbasis digital, seiring tantangan dan peluang industri penerbangan
di era sekarang,” ungkap Edward.
Lebih lanjut Suprajarto
menambahkan bahwa kolaborasi yang tercipta dari kerja sama tersebut adalah
bentuk sinergi bisnis strategis antara perusahaan perbankan dan penerbangan
dengan mengoptimalkan sistem pelayanan yang tersedia dari BRI untuk fasilitasi
sesuai kebutuhan Lion Air Group, sehingga memudahkan perseroan dalam setiap
proses rekonsiliasi serta mampu meminimalisir risiko tingkat kesalahan
atau human error. “Keunggulan yang kami tawarkan yakni pengelolaan
kas manajemen perusahaan menjadi lebih tepat waktu dan konsisten (real
time), metode pengawasan semakin baik dan terkontrol, mengutamakan
jaringan online yang terintegrasi,” pungkas Suprajarto.
Tentang BRI
Bank Rakyat Indonesia (BRI)
adalah bank BUMN terbesar di Indonesia. Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia
(BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja
dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau
"Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto", suatu
lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi).
Lembaga tersebut berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan
sebagai hari kelahiran BRI. Pada usia yang mencapai 122 tahun, bank yang
merupakan bank dengan jaringan terbesar di Indonesia hingga kini atau per 30
Juni 2018 telah mempunyai 9.990 unit kerja termasuk layanan perbankan mobile (e-BUZZ,
Teras Keliling dan juga Teras Kapal) dan 328.372 jaringan e
channel termasuk 22.802 ATM yang tersebar luas di seluruh Indonesia,
serta 244.363 agen BRILink. Pada 2016 lalu Bank BRI telah mempunyai satelit
yang dioperasikan sendiri dengan nama BRIsat, menjadikan BRI sebagai
satu-satunya bank di Indonesia dan dunia yang memiliki satelit sendiri.
Tentang Lion Air
Group
Lion Air Group, yang terdiri dari Lion Air, Wings Air, Batik Air, Lion Bizjet, Malindo Air
yang berbasis di Malaysia, dan Thai Lion Air yang berbasis di Thailand. Agresif
dan ekspansi bisnis yang inovatif membuat Lion Air Group kini memiliki
fasilitas lengkap untuk mendukung bisnis mereka seperti pelatihan dan pusat
pendidikan, perkantoran, perumahan untuk awak darat dan awak pesawat yang
terletak di Kota Singa-Balaraja, Lion Simulator Center yang berlokasi di
Bandara Mas-Tangerang dan Fasilitas Perawatan Pesawat Terbang Batam Aero
Technic yang terletak di Bandara Hang Nadim, Batam. Untuk terus memperluas
jaringan bisnisnya, bisnis angkutan yang disebut Lion Parcel Lion Air Group telah dimulai. Lion Air Group juga bergabung dengan dunia perhotelan yakni dengan Lion Hotel & Plaza terletak di Manado. Saat ini, Lion Air Group (Lion Air, Wings Air, Batik Air, Malindo Air dan
Thai Lion Air) yang fokus di bidang transportasi udara telah mengoperasikan 312
pesawat komersial dan sudah melayani ke lebih 1.500 penerbangan per hari dengan
lebih dari 285 kota tujuan domestik maupun mancanegara. Pilihan ini menawarkan
kemudahan akses menuju antardestinasi, dengan penerbangan langsung maupun
lanjutan (connecting flight). (relis danang mandala
prihantoro/arifin)