PLN Batam Hadirkan Program Cahaya Ramadhan, Beri Keringanan Biaya Tambah Daya hingga 99% Untuk Pelanggan Rumah Tangga dan Gratis untuk Rumah Ibadah
![]() |
Program ini bertujuan untuk mendukung kelancaran aktivitas ibadah selama bulan Ramadhan hingga perayaan Idul Fitri, serta memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan keagamaan. Demikian dikatakan Direktur Bisnis dan Pengembangan Usaha PLN Batam, Khairullah dalam keterangannya dikutip Kamis (20/2/2025)
“Pada bulan Ramadan hingga Idulfitri, kebutuhan listrik masyarakat cenderung meningkat. Dengan hadirnya promo tambah daya dari PLN Batam, kami berharap pelanggan dapat beribadah dengan semakin nyaman. Semoga melalui program ini, PLN Batam dapat memberi manfaat yang semakin nyata bagi masyarakat,” ujarnya.
Khairullah menjelaskan, bagi pelanggan rumah tangga tegangan rendah 1 fasa, promo berlaku untuk daya 450 Volt Ampere (VA) hingga 5.500 VA. Sementara itu, pelanggan Sosial Rumah Ibadah fasa 1 hingga 3, bisa memperoleh promo untuk daya 450 VA hingga 53.000 VA. Promo ini berlangsung sejak 20 Februari sampai dengan 12 April 2025.
“Kami berharap program Cahaya Ramadhan ini bisa meringankan beban pelanggan yang membutuhkan tambahan daya, terutama untuk rumah tangga yang banyak melakukan aktivitas saat bulan puasa dan perayaan Idul Fitri,” tambahnya..
Selain itu, rumah ibadah seperti masjid dan musholla di wilayah Batam juga dapat menikmati fasilitas tambah daya tanpa biaya sama sekali. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kenyamanan beribadah dengan penerangan yang cukup selama bulan Ramadhan.
Program ini juga merupakan bentuk perhatian PLN Batam terhadap kebutuhan rumah ibadah yang seringkali mengalami peningkatan penggunaan listrik selama bulan Ramadhan, terutama pada saat kegiatan shalat tarawih, tadarus, dan acara lainnya.
"Semoga dengan adanya program ini, rumah ibadah di Batam dapat menjalankan berbagai aktivitas ibadah dengan lebih nyaman, dan masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan lebih khusyuk," pungkasnya.
Untuk mendapatkan promo ini, pelanggan hanya perlu berkunjung ke Kantor Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) yang terletak di Batam Center, Nagoya, Batuaji, atau Tiban dengan membawa identitas diri dan bukti rekening pembayaran terakhir.
Bisa juga menghubungi Contact Center PLN Batam di (0778) 5702 123, Pelayanan Virtual PLN Batam, atau media sosial PLN Batam. Petugas kami akan memberikan informasi dan membantu prosesnya dengan senang hati. (***)
Editor : Ikhsan