Sinarkepri.co.id Batam – Jumlah penumpang yang menggunakan layanan terminal ferry domestik dan kapal Pelni di Kota Batam mengalami peningkatan signifikan.
Triwulan pertama 2025 (Januari–Maret), total penumpang tercatat mencapai 981.320 orang, atau naik sekitar 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang berjumlah 896.955 orang.
Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Pengelolaan Bandara, Pelabuhan dan Lalu Lintas Barang, Ruslan Aspan, pada Jum'at (25/4/2025) dalam keterangan resminya.
Berdasarkan data operasional, jumlah penumpang yang datang dan berangkat melalui Terminal Penumpang Domestik BP Batam meliputi Terminal Ferry Domestik Sekupang, Telaga Punggur, Harbour Bay, dan PT Pelni mencapai 981.320 orang, atau meningkat 9% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, yakni 896.955 orang.
Peningkatan ini menjadi indikator positif bagi sektor transportasi laut domestik, sekaligus mencerminkan meningkatnya mobilitas masyarakat.
“Pertumbuhan jumlah penumpang di terminal penumpang domestik pada Triwulan I 2025 menunjukkan bahwa upaya kami dalam menjaga kualitas pelayanan serta meningkatkan infrastruktur dan digitalisasi pemesanan tiket secara online telah memberikan hasil yang positif. Kami akan terus berinovasi demi mendukung mobilitas masyarakat antarwilayah domestik,” kata Ruslan.
Kedepannya, kata Ruslan, BP Batam di bawah kepemimpinan Amsakar Achmad sebagai Kepala BP Batam dan Li Claudia Chandra sebagai Wakil Kepala BP Batam, menegaskan komitmennya untuk terus memperkuat pelayanan kepelabuhanan di Batam.
“BP Batam akan terus berkomitmen meningkatkan kualitas layanan pelabuhan, hal ini sejalan dengan komitmen Kepala BP Batam dan Wakil Kepala BP Batam baik dari sisi fasilitas, sumber daya manusia (SDM) maupun penerapan sistem pelayanan digital yang terintegrasi,” pungkas Ruslan. (***)
Editor: Ikhsan