Keterangan Poto: Tim teknis PT Air Batam Hilir bergerak cepat setelah menerima laporan adanya kebocoran pipa. (foto/Humas BP Batam)

Keterangan Poto: Tim teknis PT Air Batam Hilir bergerak cepat setelah menerima laporan adanya kebocoran pipa. (foto/Humas BP Batam)

Solusi Cepat Atasi Pipa Bocor Depan Panbil Plaza, Tanpa Penghentian Suplai Air

Muhammad Ikhsan

Editor Muhammad Ikhsan

Rabu, 3 Desember 2025 | 21:05 WIB

Keterangan Poto: Tim teknis PT Air Batam Hilir bergerak cepat setelah menerima laporan adanya kebocoran pipa. (foto/Humas BP Batam)

Keterangan Poto: Tim teknis PT Air Batam Hilir bergerak cepat setelah menerima laporan adanya kebocoran pipa. (foto/Humas BP Batam)

Batam, SinarKepri.co.id – Kebocoran pipa transmisi di depan Panbil Plaza, Muka Kuning, dipastikan tidak berdampak terhadap pelanggan. Hal ini ditegaskan Direktur Badan Usaha SPAM, Fasilitas, dan Lingkungan, Iyus Rusmana, yang menyebut bahwa perbaikan dilakukan tanpa melakukan pemadaman atau penghentian aliran air (shut down).

“Untuk perbaikan pipa steel DN 400 mm di depan Panbil Mall dan pipa steel DN 600 mm di Jalan Letjend. Suprapto depan gerbang masuk IPA Muka Kuning, tim perbaikan tidak mematikan air. Tujuannya agar tidak terjadi dampak terhadap suplai ke area pelayanan,” kata Iyus, Rabu (3/11/2025).

Sebelumnya, pipa di depan Panbil Plaza sekitar pukul 12.41 WIB mengalami kebocoran mengakibatkan air bertekanan tinggi menyembur ke tengah jalan dan membuat kondisi jalanan licin. Pengendara motor terlihat menepi menghindari semburan, sementara mobil memperlambat laju bahkan ada yang memanfaatkan kesempatan untuk mencuci kendaraan.

Corcomm PT Air Batam Hilir, Ginda Alamsyah, mengatakan, kebocoran terjadi pada pipa transmisi DN 400. Bagian pipa yang terlepas memicu semburan air deras ke jalan dan berpotensi mengganggu arus lalu lintas.

Tim teknis PT Air Batam Hilir bergerak cepat setelah menerima laporan. Langkah tanggap darurat dilakukan dengan sigap, dan dalam kurang dari 12 menit.

"Semburan air berhasil dihentikan serta kebocoran dikendalikan. Penanganan cepat ini sekaligus meminimalkan dampak terhadap pengguna jalan maupun pelayanan air," ucap Ginda.

Langkah-langkah tersebut menunjukkan komitmen PT Air Batam Hilir dan BU SPAM dalam menjaga keandalan layanan serta memastikan setiap insiden dapat ditangani dengan cepat demi kenyamanan masyarakat Batam. (***)